Pengelolaan SDM Perusahaan

Sistim Pengelolaan / Manajemen Perusahaan

Pengelolaan merupakan peran yang sangat penting dalam kelangsungan hidup suatu usaha, baik yang berskala kecil, sedang ataupun besar. Tanpa adanya pengelolaan atau pengaturan, sangat sulit bagi perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuannya. Pengelolaan yang dimaksud adalah proses melakukan kegiatan tertentu dengan menggerakkan tenaga orang lain, proses yang membantu merumuskan kebijaksanaan dan tujuan perusahaan serta proses yang memberikan pengawasan kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan. Pengelolaan ini juga sering disebut dengan istilah Manajemen.

Manajemen sebagai fungsi meliputi usaha perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.

Manajemen sebagai peranan adalah antar pribadi pemberi informasi dan pengambil keputusan. Manajemen dapat pula berarti pengembangan keterampilan, yaitu teknis, manusiawi dan konseptual

Langkah-langkah Pengelolaan Sumber Daya Manusia di CV. Firdilla Zenaf

  1. Perencanaan sumber daya manusia, yang dirancang untuk menjamin keberlangsungan dan pemenuhan kebutuhan perusahaan, ini diperoleh dari rata-rata banyaknya pekerjaan (order/pesanan) yang masuk yang dibandingkan dengan rata-rata kemampuan kerja per orang. Jadi disaat pekerjaan sudah melebihi kapasitas kerja maka akan muncul kebutuhan pegawai (SDM)
  1. Penarikan/Penerimaan Pegawai, dilakukan setelah muncul kebutuhan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan Konveksi, Percetakan dan Bordir Komputer yang kami geluti. Dengan demikian maka bisa dilakukan rekrutmen atau penarikan karyawan. Dan setelah itu dilakukan seleksi.
  2. Seleksi, mencakup penilaian dan pemilihan di antara calon calon karyawan yang potensial untuk melaksanakan pekerjaan tertentu di perusahaan kami.

Dari sekian cara yang ditempuh, cara yang paling efektif adalah dengan memberikan kesempatan pada karyawan lama untuk mengajak rekan mereka sesama profesinya di luar , agar mau bekerja di perusahaan kami, hal ini tidak memerlukan pengecekan yang terlalu rumit karena biasanya mereka akan memilih teman yang sudah cocok dan terlihat kemampuannya. Serta akan tidak sulit dalam beradabtasi dengan lingkungannya.

Bila cara tersebut belum membuahkan hasil maka diambil langkah membuka lowongan pekerjaan dengan menggunakan proses seleksi.

Langkah-langkah dalam prosedur seleksi yang biasa digunakan adalah:

  • Wawancara pendahuluan
  • Pengumpulan data-data pribadi (biografis)
  • Pengujian (testing)
  • Wawancara yang lebih mendalam
  • Pemeriksaan referensi-referensi yang tertera dalam surat lamaran
  • Pemeriksaan kesehatan
  1. Pengenalan dan orientasi, yang dirancang untuk membantu pegawai baru yang terpilih menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan.

Biasanya kami menerapkan masa orientasi dan pengenalan selama 3 bulan terutama untuk pegawai baru yang memulai karir dari “nol”.

Setelah 3 bulan berhasil mengenal visi misi, lingkungan serta operasional mesin, barulah ditetapkan sebagai pegawai CV. Firdilla Zenaf.

  1. Latihan dan pengembangan, program ini bertujuan meningkatkan kemampuan perseorangan dan kelompok untuk mendorong efektivitas organisasi.

Beberapa kegiatan pengembangan yang dilakukan perusahaan kami adalah dengan mengikutkan pegawai yang potensial pada pelatihan di luar, baik lembaga pemerintahan maupun swasta.

Beberapa contohnya adalah :

  • Bagian Umum yang diikutkan dalam pelatiha proses lelang LPSE
  • Bagian keuangan yang dikursuskan Akuntansi di lembaga pendidikan Swasta
  • Bagian Sablon yang diiukutkan pelatihan sablon
  • Supervisor dan Operator Mesin yang di tugaskan untuk melihat/study banding ke perusahaan sejenis yang sudah lebih maju.

Dan beberapa pelatihan dan pengembangan lainnya yang semua ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan kami.

  1. Penilaian pelaksanaan kerja, dilakukan dengan membandingkan antara pelaksanaan kerja perseorangan dan standar-standar atau tujuan-tujuan yang dikembangkan bagi posisi tersebut.

Biasanya kemi melakukan evaluasi bulanan untuk mengetahui dan menilai kinerja karyawan dalam kurun waktu satu bulan.

  1. Pemberian balas jasa dan penghargaan, kami sediakan bagi karyawan sebagai kompensasi pelaksanaan kerja dan sebagai motivasi bagi pelaksanaan di waktu yang akan datang. Selain upah tetap atau borongan yang standar, kami mencoba memberikan reword pada karyawan yang memiliki dedikasi dan loyalitas baik.

Selain itu perusahaan membuat program refreshing / jalan-jalan bersama sebagai imbalan atas kinerja mereka.

  1. Perencanaan dan pengembangan karier, Walaupun dengan kondisi yang masih berkembang, perusahaan kami memberikan peluang untuk karyawan yang ingin meningkatkan posisinya, seperti :

Karyawan yang statusnya “helper” diberikan kesempatan untuk menjadi operator mesin bila memiliki keinginan belajar.

Seorang Operator yang baik akan diberikan peluang untuk menjadi kepala shift atau ketua regu, sehingga mereka akan lebih merasa dihargai oleh perusahaan dan memiliki karir dalam bekerja.

 

Demikian beberapa hal yang kami lakukan untuk mengelola SDM yang di perusahaan kami.