Cara agar Karyawan Semangat Bekerja

berani mencoba

Dalam pengelolaan usaha yang baik, Karyawan adalah Asset dan bukan dimasukkan dalam faktor produksi. Hal ini akan berdampak pada pengelolaan, penangan dan cara mengayominya. Dan itu berlaku dalam semua jenis usaha, termasuk didalamnya  usaha konveksi, bordir maupun percetakan.

Salah satu hal yang sangat penting dalam mengayomi karyawan adalh dengan memberikan motivasi dalam bekerja sehingga mereka merasa “enjoy” dalam melaksanakan tugasnya.

Ada beberapa hal penting dalam memotivasi karyawan, diantaranya :

1. Pendekatan  Personal

Cara ini cukup efektif dalam menambah semangat karyawan, mereka akan merasa diperhatikan, bahkan bisa menambah keakraban.

Kita ari tahu dan tanyakan apakah kesulitan atau kendala-kendala yang mereka rasakan dalam bekerja, dan jangan lupa berikan masukan serta solusi yang bisa membantu karywan atau bawahan tersebut menemukan cara terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

2. Penyegaran dan refreshing

Selain memperbaharui materi atau bahan dalam bekerja, berikan juga kegiatan yang menyenangkan seperti berwisata bersama atau aktifitas lainnya yang jauh berbeda dari rutinitas ditempat kerja selama ini. Sudah pasti otak kita juga perlu direfresh dan diberikan waktu untuk sejenak istirahat agar bisa kembali bekerja dengan baik.

3. Berbincang atau Training secara reguler

Memberikan training, karena sesi ini bisa untuk memberikan motivasi yang sempat hilang dari dalam diri mereka. Agar training bisa berjalan dengan efektif lakukanlah secara reguler, bahkan bila perlu gunakan tenaga dari Trainer Professional yang bisa mengubah mindset karyawan menjadi lebih baik hingga semangat dalam diri mereka kembali muncul.

4. Perhatikan dan Penuhi hak karyawan

Untuk mencapai goal, sebagai pemilik ataupun pimpinan Anda sudah pasti memberikan target kepada bawahan sesuai dengan keahlian dan bidang mereka masing-masing. Agar mereka bisa bekerja dengan baik dan maksimal jangan melupakan hak mereka agar motivasi mereka untuk bekerja di perusahaan Anda tetap bisa dipertahankan.

Karena bawahan atau karyawan bukan hanya dituntut untuk bekerja sesuai keinginan perusahaan, tetapi harus ada tercipta simbios mutualisme atau kerja sama yang saling memberikan keuntungan pada kedua belah pihak.

5. Memberikan bonus & penghargaan untuk karyawan yang berprestasi

Setiap kualitas itu pasti ada harganya, begitu juga dengan karyawan atau bawahan yang memilikikinerja bagus. Sudah selayaknya mereka diberikan bonus atas prestasi yang berhasil ia lakukan dalam bekerja.

Bisa berbentuk uang, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat karyawan akan bekerja lebih bersemangat agar kembali bisa mendapatkan bonus yang lebih besar lagi. Dan juga perlu diingat bahwa motivasi bukan hanya dengan ucapan atau tulisan yang diberikan kepada karyawan, bisa juga dalam bentuk materi.

 

6. Berikan Pujian dan bukan Cacian

Selain bonus berbentuk materi, kita juga sesekali perlu memberikan pujian atau sekedar ucapan terimakasih atas pekerjaannya yang baik. Tentunya bukan sanjungan yang berlebihan. Hal ini bisa menjadi kepuasan tersendiri dan dapat menambah lebih semangat dalam bekerja.

Dan tentunya masih banyak cara lain yang harus terus digali agar kayawan dapat bekerja dengan semangat dan perusahaan pun akan semakin sehat.

 

Catatan :

Foto di atas diambil saat mengisi seminar / sesi motivasi di Aula PoltekPos Bandung bersama perwakilan PNPM Se Indonesia

4 Comments

  • Walaupun uang bukan motivasi terbesar karyawan dalam bekerja, Anda tetap harus memperhatikannya. Insentif atau bonus yang adil membuat karyawan berpikir bahwa perusahaan memberi hak karyawan secara profesional. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya semangat kerja karyawan. Jika ia melakukan lebih, ia akan mendapatkan lebih.

  • Terimakasih… menarik sekali pembahasanya … membuat saya semakin mengerti mengenai manajemen karyawan

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *