Belajar mencari peluang

batik 2

Kepekaan membaca peluang sangatlah penting bagi seorang pengusaha. Bahkan setiap yang dialami, dilalui bahkan dilihat semua bisa dan bahkan harus dijadikan peluang berbisnis.

Tidak jarang pada suatu kejadian atau suatu tempat akan menghasilkan penilaian berbeda pada setiap orang. Bila memiliki instink bisnis, apapun akan dijadikan peluang berbisnis.

Ada sebuah kisah yang mudahan bisa menjadi inspirasi untuk kita dalam meraih peluang.

Pada suatu ketika ada sebuah perusahaan Sendal dan sepatu yang ingin mengembangkan sayap perusahaannya. Akhirnya perusahaan tersebut mengambil langkah untuk mengembangkan pemasaran ke pelosok daerah.

Salah satu yang di incar adalah pelosok di daerah daerah  Baduy. Dan perusahaan tersebut menugaskan salah seorang kepa bagian Marketing / Pemasaran perusahaan tersebut.

Dengan ditemani beberapa karyawan pilihannya team marketing tersebut berangkat ke daerah yang dituju. Apa yang terjadi ?

Setelah beberapa hari berada di daerah tersebut dan melihat kehidupan yang ada akhirnya team tersebut menyatakna orang-orang disana tidak memakai sepatu dan “tidak ada peluang “ memasarkan sepatu & sandal di daerah tersebut. Akhirnya tim tersebut pulang ke perusahaan dan melaporkan bahwa di daerah tersebut tidak ada peluang.

Karna pemilik perusahaan tersebut tetap ingin mengembangkan dan dengan penuh bijak, pimpinan nya kembali mencoba mengirin tim kedua untuk meneliti dan membuat perbandingan dengan tim pertama.

Setelah tim kedua diterjunkan tenyata menyatakan hal yang sama bahwa orang-orang didaerah sana tidak memakai sepatu & sandal, namun tim kedua menyatakan bahwa di sana ada “peluang yang sangat besar” untuk memasarkan sepatu dan sandal di sana. Dengan asumsi karna mereka belum memakai sepatu & sandal berarti perusahaan bisa menjual sangat banyak di daerah tersebut.

Dengan ilustrasi kisah di atas kiranya bisa diambil suatu pelajaran, bahwa dengan melihat keadaan yang sama bisa menghasilkan sudut pandang yang berbeda.

Maka sebagai seorang yang berkeinginan mengembangkan bisnisnya harus pandai dan cermat dalam mengamati dan melihat sesuatu sehingga apapun keadaanya bisa dijadikan sebagai peluang.

Tunggu kisah inspiratif selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *